A.C. Milan

Sabtu, 19 Oktober 2013

Laporan Pengembangan Pribadi (QMS 2)



 BAB I
P E N D A H U L U A N

1.1  Latar Belakang Masalah

Sebagai Manusia kita adalah orang yang selalu membutuhkan pertolongan orang lain artinya kita tidak bisa hidup tanpa bantuan ataupun sebagainya dari orang lain. Kita tidak terlepas dari kehidupan sosial yaitu baik keluarga,pergaulan, dan masyarakat disekitar kita. dalam kehidupan sehari – hari kita juga tidak terlepas dari yang namanya organisasi atau sebuah tim. maka dari itu kita perlu mempelajari suatu arti organisasi dan pentingnya organisasi itu sendiri.apa yang membuat organisasi itu berkembang dan apa yang menyebabkan terjadinya perpecahan organisasi karena tanpa organisasi kita tidak dapat hidup secara tolong-menolong dan saling membantu orang lain. hidup dalam organisasi seperti kita juga hidup dalam keluarga kita sendiri yaitu penuh dengan kejujuran, peduli, rendah hati dan lain sebagainya.juga kita harus dapat berhubungan dengan anggota serekan tim, mengerti akan kelemahan dan kelebihan seseorang, juga harus mengakui kelemahan kita yang nantinya itu juga berguna untuk pengembangan organisasi.sebagai mahasiswa betapa pentingnya memahami akan karakter organisasi dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu kita juga harus mempelajari berkomunikasi yang baik dengan sopan dan benar agar orang lain dapat memahami apa yang sedang kita komunikasikan dan menerimanya.

1.2  Tujuan
Laporan Pengembangan Pribadi adalah berisi informasi apa yang kita dapat selama belajar QMS (Quality Management System) dengan menunjukkan kepribadian kita apakah kepribadian kita sudah total atau masih dalam tahap pengembangan. Maka dari itu tujuan dalam hal ini yaitu saya pribadi ingin lebih lagi mempelajari apa yang telah saya pelajari selama pembelajaran QMS (Quality Management System) karena materi yang telah diajarkan belum semuanya sudah saya aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun sebagian sudah saya pelajari namun saya ingin lebih lagi untuk total mengaplikasikannya.
1.3  Introduksi
Selama dalam proses pembelajaran saya mendapatkan pengalaman yang banyak khususnya dalam berdiskusi Kelompok kami sudah dapat mengaplikasikan kecil-kecilan tentang Organisasi ternyata suatu ilmu harus didasarkan kepada pengalaman atau pengaplikasian agar kita sendiri dapat merasakannya.materi yang diajarkan dalam Quality Management System adalah kebanyakan materi yang membutuhkan pengaplikasiai agar mahasiswa mampu mengenal lebih lagi tentang materi tersebut, dalam hal ini organisasi dengan membuat kelompok-kelompok diskusi dan pembagian tugas dalam kelompok karena organisasi juga mempunyai arti penting yaitu saling bekerja sama satu dengan yang lain agar organisasi tersebut dapat berkembang.

1.4  Perjalanan
Di semester ini saya merasa lebih mengenal lagi tentang kehidupan sosial dengan adanya materi-materi yang diajarkan dalan Quality Management System.begitu banyak materi yang telah dipelajari, semakin banyak pula kita dapat mengerti tentang kehidupan sosial yaitu dalam suatu organisasi. Sangat penting untuk mengerti arti organisasi karena nantinya akan kita bawa ke dunia kerja.materi-materi yang saya pelajari adalah yaitu berpikir secara kreatif dan inovatif, berkomunikasi secara efektif, mengenal hubungan dengan orang lain dan sebagainya.

1.5  Perhentian Sepanjang Perjalanan Ini
Setelah mempelajari beberapa materi saya dapat mengerti bahwa semuanya adalah agar dapat menjadikan kita bermutu, lebih total lagi, dan dapat berhubungan dengan baik dengan orang-orang lain disekitar kita. Namun masih sulit untuk saya aplikasikan sebagian dari materi yang saya pelajari karena masih banyak yang harus diperbaiki dalam kepribadian saya ini.tetapi saya yakin dan percaya bahwa saya pasti mampu mengaplikasikannya dengan perlahan-lahan.
1.6  Konsolidasi
Begitu banyak tantangan kita sebagai mahasiswa didunia sekarang ini, khususnya dimasa-masa modern ini.tetapi apabila kita sudah dibekali dengan materi-materi Quality Management System pasti kita mampu menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Karena kita diajarkan untuk berusaha dan jangan menyerah dengan keadaan kita sendiri, yaitu sebagai mahasiswa yang mempunyai ribuan bahkan jutaan tantangan didepan kita. Jangan pernah menyerah dengan keadaan tetapi banggalah dengan keadaan kita sekarang ini karena kita dapat menikmati ilmu pengetahuan yang tidak ada batasnya.

1.7  Tujuan Yang Lain
Adapun tujuan yang lain dalam pribadi saya yaitu merubah pribadi saya dengan yang baik dan mencoba menjauhkan yang saya rasa tidak baik untuk diri saya dan menjadikan pribadi saya dapat dicontohi oleh orang lain dengan sikap dan tanggung jawab yang saya pikul.


BAB II
P E M B A H A S A N

2.1 Unit Pembelajaran QU-2.1
Memahami Organisasi
Materi yang saya pelajari dalam unit pembelajaran ini adalah mempelajari mengapa organisasi itu dianggap penting? Organisasi itu penting karena didalamnya kita dapat memenuhi kebutuhan kita sebagai manusia yang mempunyai kebutuhan terbatas saja.organisasi pertama terbentuk ketika orang-orang melakukan kerja sama untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Saya juga mempelajari karakter organisasi yang prima, yaitu :
v  Jujur dan dapat diterima.
v  Mengenal dan menghargai karyawan yang baik.
v  Memberi sesuai kemampuan bukan karena disukai atau karena ada
v  hubungan.
v  Pembayaran di atas rata-rata.
v  Peduli terhadap kesulitan perorangan dan masalah karyawan.
v  Memberi kepercayaan dalam pegembangkan karyawan terutama dalam hal
v  pendidikan dan pelatihan.
v  Mendukung perintah dan kebersihan
v  Berusaha keras untuk melindungi karyawan sendiri menghindari kecelakaan
v  dan semacamnya.
v  Menyapa tiap-tiap karyawan sebagai “bagian dari keluarga”
v  Menyediakan bantuan berarti untuk kesehatan dan usia tua
v  Menyediakan liburan tahunan dan waktu istirahat yang wajar
v  Menyediakan kesempatan untuk belajar dan pelatihan untuk tugas.
Organisasi dapat berhasil jika dilakukan pendekatan proaktif yaitu pendekatan melalui perkenalan dan hubungan dengan orang lain tanpa harus malu-malu untuk bergaul agar para anggotanya dapat bekerja sama dengan baik tanpa ada rasa tidak enak satu sama lain
Organisasi yang dapat dipercaya yaitu :
·         percaya menjadi yang terbaik bagi sesuatu yang dilakukan organisasi;
·         percaya merupakan keutamaan dengan memperhatikan hal-hal kecil dalam
·         melakukan pekerjaan apapun
·         percaya bagi kepentingan orang, sebagai individu, dan penghargaan tidak
·         dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya
·         percaya terhadap produk berkualitas unggul dan layanannya;
·         percaya bahwa orang-orang sebaiknya berinovasi dan mengambil resiko tanpa
·         merasakan bahwa mereka akan dihukum jika tidak melakukan ini;
·         percaya terhadap kepentingan komunikasi informal dan terbuka secara
·         keseluruhan pada organisasi, tidak untuk kepentingan sendiri tetapi untuk
·         menjadikan pekerjaan lebih efektif;
·         percaya terhadap kepentingan indikator-indikator ekonomi (kesesuaian dana,
·         pertumbuhan, keuntungan, rasio modal, berhasil memperoleh dana pinjaman
·         dan sebagainya).
·         percaya terhadap kepentingan manajemen yang ditangani langsung, Ada
·         konsep bahwa manager harus menjadi pelaku bukan hanya sebagai perencana
·         dan administrator;
·         percaya terhadap kepentingan dari suatu pengenalan dan pengembangan
·         philosofi dan didukung oleh level top manager;
·         percaya terhadap keutamaan dari menikmati pekerjaan seseorang;


saya juga mempelajari apakah budaya bisa diubah? Budaya ternyata bisa diubah dengan perlahan-lahan yaitu dengan mengubah kebiasaan yang buruk. Berikut kegiatan yang bisa merubah budaya :
Ø   Konsensus membangun dasar dalam berbagi peran;
Ø   Mengembangkan kepercayaan yang tinggi antar individu;
Ø   Mengijinkan waktu kepada orang untuk berubah;
Ø   Menentukan arah tetapi mengijinkan staf untuk mengerjakan detailnya (‘memberdayakan pada termin harian);
Ø   Menyediakan pelatihan untuk mengembangkan keterampilan baru yang dibutuhkan.




2.2 Unit Pembelajaran QU-2.2
Inisiatif dan Inovasi
Unit pembelajaran ini adalah mempelajari tentang bagaimana kita untuk melakukan inisiatif disaat kita memenuhi kebutuhan.disaat kita ingin mendapatkan kepuasaan maka kita melakukan inisiatif membuat tugas dari dosen agar kita dapat merasakan kepuasan terhadap diri kita sendiri yang telah menyelesaikan tugas-tugas.
Ada beberapa kebutuhan dalam diri kita, yaitu :
§  Kebutuhan phisik
§  Kebutuhan rasa aman
§  Kebutuhan sosial
§  Kebutuhan harga diri dan penghargaan
§  Kebutuhan untuk diri sendiri

Orang – orang dapat melakukan kebutuhan dengan bekerja agar itu dapat memenuhi kehidupan mereka, beberapa kebutuhan tersebut :
ü Keamanan finansial – kebutuhan mendapat uang yang cukup sebagai dasar untuk melanjutkan hidup.
ü Penghargaan dan persetujuan – Kebutuhan memiliki pengetahuan yang lain dan menghargai diri sendiri dan menyetujui apa yang kita lakukan
ü Penguasan ilmu dan prestasi – kebutuhan untuk tampil baik ( sesuai dalam pikiran kita sendiri)
ü Dominasi – kebutuhan memiliki beberapa kekuatan mempengaruhi dan mengontrol terhadap orang lain.
ü Status – kebutuhan untuk memperoleh dan memperbaiki standard tertentu dari kehidupan dan penghargaan dari yang lainnya.
ü Aktualisasi diri sendiri – kebutuhan mencurahkan perasaan sendiri dan kepribadian dalam pekerjaan yang kita lakukan.
ü Persahabatan – kebutuhan disukai orang lain dan diterima orang lain.
ü Etika moral – kebutuhan merasakan bahwa apa yang kita lakukan adalah benar dan kita adalah orang yang baik.
ü Mandiri – Kebutuhan diarahkan oleh tingkah laku sendiri dan mempunyai kendali atas apa yang anda lakukan
ü Kesejahteraan social - membantu orang lain atau melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain
Saya juga mempelajari beberapa motivasi untuk melakukan inisiatif bekerja, yaitu :
-          Motivasi Ekonomi
-          Motivasi Sosial
-          Dan Motivasu Psikologis
-           
Motivasi ekonomi yaitu untuk memenuhi kebutuhan keuangan/financial, motivasi sosial adalah agar dapat menjadi contoh orang lain, dan motivasi psikologis adalah disaat motivasi kedua diatas telah terlaksanakan maka kita mendapat kepuasan terhadap diri sendiri.Saya juga mempelajari faktor – faktor yang dapat melakukan mengapa orang bekerja?Faktor-faktor tersebut adalah prestasi, pengakuan/penghargaan, tugas yang menarik, tanggung jawab, dan kesempatan untuk berkembang.

Inisiatif dapat menghasilkan sebuah kreatifitas, yaitu disaat kita ingin membuat hal yang baru maka kita melakukan inisiatif apa yang harus yang lakukan agar itu dapat terpenuhi.Kreatifitas dapat didefisikan sebagai suatu proses membuat suatu produk menjadi ada dan berdaya cipta.


2.3 Unit Pembelajaran QU-2.3
Komunikasi Yang Efektif dan Efisien
Komunikasi adalah akar dari semua kegiatan dan interaksi sosial karena sebagai suatu alat untuk menciptakan pengertian dan memudahkan kehidupan kolektif.tanpa komunikasi susah untuk kita mengerti apa yang disampaikan orang lain kepada kita. Komunikasi juga dapat menghasilkan informasi, yaitu dari sumbernya menuju orang-orang yang memerlukan informasi tersebut.

Ada 4 tipe komunikasi, yaitu :

Ø Komunikasi intrapersonal
Ø Komunikasi interpersomal
Ø Komunikasi kelompok
Ø Komunikasi masa

Dalam materi ini juga saya mempelajari bagaimana proses komunikasi terjadi, dalam hal ini penyampaian informasi lewat komunikasi orang lain.penerima mengirim informasi lewat orang yang membutuhkan informasi tersebut lalu orang yang membutuhkan informasi tersebut langsung menerima pesan tersebut dan melakukannya, lalu ada umpan balik dari penerima kepada pengirim baik umpan balik tersebut positif maupun negative.

Adapun masalah – masalah selama berkomunikasi yaitu baik dari faktor sumber pesan maupun penerima pesan.faktor yang dapat terjadi selama berkomunikasi adalah perbedaan persepsi yang mengakibatkan adanya perbedaan untuk menerima pesan apakah penerima menganggap pesan tersebut benar atau salah, penyaringan pesan juga menghambat terjadinya berkomunikasi dengan adanya kesusahan untuk mengerti akan maksud penyampaian pesan, masalah bahasa juga sangat penting untuk digunakan dalam berkomunikasi karena masalah bahasa adalah faktor yang terpenting dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa – bahasa yang mudah untuk mengatakan pesan agar penerima dapat cepat menangkap penyampaian pesan dan dapat mengerti. Adapun faktor yang lain menghambat terjadinya kesalahan berkomunikasi.
Adapun beberapa saran untuk menetukan batasan diri kita sendiri, yaitu :
·         Memelihara sesuatu perasaan yang sehat terhadap diri sendiri
·         Memutuskan apa prioritas kita yang paling tinggi
·         Mempunyai keberanian untuk berkata tidak terhadap sesuatu yang lain
·         Pikirkan “menang-menang”: misalnya memiliki “yes” yang lebih besar
·         membakar didalam.
·         Mengingat bahwa musuh yang paling “baik” adalah sering kali “yang baik”,

Dalam berkomunikasi kita juga harus perlu mengerti sebagai pendengar, yaitu sebagai pendengar kita juga mengerti untuk menangkap pesan dan menyalurkan kepada orang lain.namun halnya ada beberapa perbedaan tingkat mendengarkan :
-          Pendengar pasif
-          Pendengar untuk mengetahui
-          Pendengar aktif
-          Pendengar dengan empati.

Hal-hal yang dapat juga tidak mendengarkan orang berkomunikasi jika kita :
-          Membantah
-          Menginterupsi
-          Membuat penilaian
-          Memikirkan tentang apa yang akan dikatakan minggu depan
-          Memberi saran kecuali diminta secara khusus
-          Menggeser perhatian ke diri sendiri
-          Mencoret.

Komunikasi juga tidak hanya disampaikan dengan lisan, tetapi dapat disampaikan secara tertulis.komukasi dapat dilakukan secara tertulis dengan menggunaka computer kita bisa menggunakan komunikasi secara tertulis, artinya kita dapat merancang komunikasi leawt fasilitas yang disediakan dikomputer.


2.4 Unit Pembelajaran QU-2.4
Hubungan Antar Pribadi
 Penting halnya kita agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang yang ada disekitar kita agar nantinya kita dapat dipandang baik dan dapat belajar sifat serta mental dari orang lain. Karena saya pribadi menganggap banyak yang saya pelajari adalah dari orang lain.saya belajar berani bicara dimuka karena saya melihat orang yang berani bicara didepan umum dan saya menganggap bahwa semua pribadi pasti bisa tergantung dari keberanian orang tersebut.
Ada yang mengatakan bahwa supaya berhasil dalam pekerjaan orang harus berkompetensi dalam 2 aspek yaitu :
1.      Kemampuan teknik seseorang dari pekerjaan tersebut.
2.      Hubungan antar pribadi.
Banyak orang secara teknis pintar, tetapi hubungan antar manusia kurang, karena mereka tidak menyadari bahwa hanya dengan mengetahui bagaimana melakukan suatu pekerjaan bukanlah suatu kunci keberhasilan.Kita juga dapat mengenal perasaan orang lain lewat ekspresi wajah, kata-kata, nada suara, gerakan tubuh/isyarat, postur tubuh.karena lewat perasaan orang lain kita dapat belajar lagi sikap dari orang tersebut.

Seperti yang saya katakana bahwa jujur saya pribadi banyak belajar sesuatu dari orang lain, karena saya yang positif dari orang – orang. Banyak kelebihan mereka dan saya dapat memanfaatkan kelebihan tersebut yaitu dengan belajar dari orang tersebut. Seperti orang – orang mengatakan belajarlah sesuatu dari orang tersebut selama dapat dipelajari positifnya dan jangan pernah megikuti sisi negative orang tersebut.begitu banyak tantangan ki kampus kita ini, kebiasaan – kebiasaan yang buruk mahasiswa sudah meraja lela dan banyak mengikuti hal tersebut, tetapu kita juga harus mengerti dan sadar bahwa hal – hal tersebut akan merusak kita kedepan nantinya. Anak – anak muda menyukai hal – hal yang dianggap keren, tetapi sesungguhnya kita harus menyukai hal-hal yang sederhana karena kesederhaan mendatangkan manfaat dan tidak akan membuat orang lain iri, dan tidak senang terhadap kita.


2.5 Unit Pembelajaran QU-2.5
Pengembangan Tim dan Kerja Tim
Kita telah belajar bahwa setelah membentuk organisasi dan memahami organisasi sangat penting tetapi lebih baiknya jika organisasi tersebut lebih ditingkatkan lagi agar dapat bersaing dan berkompetensi. Dalam materi ini kita belajar bahwa proses pembentukan tim seperti naik roller coaster  ; kemajuan yang dicapai sering naik, stabil, dan turun.untuk mengembangkan sebuah tim, kita harus terlebih dahulu melihat kompetensi seseorang dan menempatkan orang tersebut sesuai dengan kompetensinya. Karena apabila hal tersebut tidak kita praktekkan maka akan terjadi kemunduran yang drastis, dan tentunya organisasi lama – kelamaan akan pecah.
Untuk itu, karena sebagai tim kita harus bersama – sama maju kedepan dengan kerja sama dan berkolaborasi agar tim dapat berkembang. Hal ini tentunya sangat susah untuk kita lakukan, karena dalam organisasi pasti banyak tantangan – tantangan diantaranya perbedaan pendapat yang mengakibatkan tidak adanya pengertian antara anggota tim. Tetapi apabila kita dapat memanfaatkan perbedaan pendapat tersebut, maka kita dapat memperoleh manfaat dalam tim. Karena didalam perbedaan pendapat kita mempunyai satu tujuan, maka orang anggota tim akan sadar dan mengerti bahwa mereka tidak sendiri melainkan saling menopang dan mengembangkan kerja tim.
TQM merupakan perbaikan dari cara tradisional melakukan bisnis. Teknik ini sudah terbukti bisa menjamin kemampuan bertahan dalam kompetisi tingkat dunia. Hanya dengan mengubah tindakan manajemenlah budaya dan aksi keseluruhan organisasi diubah. TQM adalah yang paling masuk akal.

Dengan menganalisis ketiga kata, kita mendapatkan hasil:
Total—perubahan keseluruhan;
• Quality—tingkat tanggapan pelanggan terhadap barang atau jasa yang dibeli.
• Management—tindakan, seni, atau bagaimana mengatasi, dan mengontrol.


Peran tim membantu kita melihat rentang isu-isu penting yang dihadapi oleh tim yang efektif. Kita semua cenderung kuat sebagai individu di beberapa peran dan kurang mampu di beberapa peran lain. Tidak ada peran tim yang lebih baik atau lebih penting dari peran lain. Masalahnya adalah apakah tim mendapatkan input dari sejumlah besar peran yang ada, dan apakah profil umum tim sesuai dengan kebutuhan untuk mengerjakan tugas tersebut, atau tidak. “Orang-orang yang berguna yang harus dimiliki sebuah tim adalah orang-orang yang memiliki kelebihan atau karakteristik yang memenuhi kebutuhan tanpa menggandakan yang sudah ada. Tim adalah masalah keseimbangan. Yang dibutuhkan bukanlah individu yang sangat seimbang, melainkan individu yang menyeimbangkan individuindividu lain dalam kelompok. Dengan demikian, kelemahan tiap individu bisa ditekan dan kelebihannya bisa digunakan dengan maksimal.”

Source: R. Meredith Belbin, Management Teams: Why They Succeed or Fail (2nd
edition, 2004).

Kerja tim penting bagi pekerja yang ingin menyelesaikan tugas kerja dengan efisien dan efektif. Karakteristik personal anggota tim yang baik mencakup kerjasama, antusiasme dan selera humor yang bagus. Dengan kemampuan ini kita bisa menjembatani perbedaan antara rekan kerja dan berfokus pada kebutuhan, perhatian dan perasaan. Kita semua unik; kita memiliki nilai, pendapat dan metodologi berbeda. Semakin besar perbedaannya, semakin susah mempertahankan harmoni dalam hubungan.

Dengan alasan-alasan inilah kita harus mengingat sejumlah aturan untuk kontroversi konstruktif yang mungkin muncul.
• Lihat pada sesuatu yang sama
• Cobalah berfokus pada solusi bukan pada masalah
• Saling menghargai situasi satu sama lain
• Bersiaplah mendengar dan bekompromi
• Jangan tertarik untuk menang dengan mengorbankan segalanya
• Pisahkan masalahnya dengan orangnya
• Ambil nafas panjang sebelum menanggapi
2.6 Unit Pembelajaran QU-2.6
Pemecahan Masalah
Ada berbagai pola pemecahan masalah yang bisa digunakan. Salah satu dari yang paling sering digunakan terdiri dari serangkaian langkah, yang mencakup pengenalan masalah, mencari pilihan dan melaksanakan kemungkinan solusi. Adalah bermanfaat melihat pemecahan masalah sebagai sebuah siklus karena, kadang-kadang, sebuah masalah membutuhkan beberapa usaha untuk memecahkannya, atau masalahnya berubah.

 Seperti yang bisa dilihat dari grafik di bawah, proses pemecahan masalah terdiri dari empat langkah utama:
1. Pencarian fakta
2. Pencarian ide/Pemunculan alternatif solusi
3. Pencarian solusi/Evaluasi
4. Penerapan dan tindak lanjut solusi

-          Pencarian fakta,adalah mencari masalah – masalah yang terjadi dalam persoalan tersebut.
-          Pencarian ide/pemunculan alternatif solusi, adalah kita terlebih dahulu memikirkan ide apa agar masalah tersebut dapat diatasi.
-          Pencarian solusi/evaluasi, adalah apa yang harus kita butuhkan apabila ide kita sudah dapat.
-          Penerapan dan tindak lanjut solusi, adalah setelah kita mencari fakta dan memunculkan ide maka kita menerapkan ide/solusi kita kedalam masalah tersebut.


2.7 Unit Pembelajaran QU-2.7
Layanan Pelanggan dan Hubungan Pelanggan
Dalam halnya kita berbisnis kita harus mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan, artinya kita harus melihat peluang apa yang pas dan dibutuhkan oleh pelanggan agar kita dapat memanfaatkan bisnis kita. Setelah kita mendapatkan peluang tersebut dan memikirkan untuk mengembangkan produk tersebut maka sebelumnya kita harus membuat produk tersebut bermutu. Namun untuk membuat produk kita bermutu sangat susah karena harus diawali dengan kualitas kerja kita, karena untuk membuat bermutu kualitas diri kita juga harus menunjangnya agar pelanggan senang dan yakin bahwa yang kita jual adalah produk yang bermutu. Orang – orang banyak memilih barang yang murah, tetapi tidak bermutu.mereka tidak peduli dengan kualitas barang tersebut apakah tahan lama, tahan banting, dan sebagainya. Maka dari mutu dapat didefinisikan bahwa untuk menjadikan sesuatu atau barang menjadi sempurna.apabila produk kita menjadi seperti yang diatas yaitu sempurna maka orang akan berminat dan pastinya memilih produk kita karena produk kita berbeda dan lebih tahan dari produk lainnya.
Ada 2 macam pelanggan, yaitu :
-          Pelanggan Eksternal
-          Pelanggan Internal
Pelanggan eksternal, adalah klien perusahaan. Sedangkan pelanggan internal para staff yang dipekerjakan oleh perusahaan.Untuk mengembangkan jasa pelanggan yang berhasil kita perlu mengikuti sejumlah prosedur, yaitu :
Ø  Komitmen manajemen pemilik
Ø  Mengenal pelanggan secara personal
Ø  Memperkerjakan, melatih, dan memberi kompensasi pada staff yang baik.
Ø  Tetap dekat dengan pelanggan
Ø  Mengembangkan standart kerja mutu layanan.

Untuk memelihara mutu tentunya memerlukan biaya yang cukup banyak karena untuk mempertahankan sesuatu adalah hal yang paling susah dilakukan. Kalau kita menggapai sesuatu pasti cukup gampang, tetapi mempertahankannya yang susah untuk kita. Apabila kita sudah mampu memprtahankannya banyak manfaat yang akan kita peroleh, yaitu :
-         Harga, kita bisa memberi harga yang cukup mahal karena barang kita bermutu tinggi.
-         Kemungkinan untung, akan banyak produk kita yang terjual apabila barang kita bermutu.
-         Pembagian pasar, lebih banyak orang yang akan membeli produk kita,
-         Beban, biaya produksi akan berkurang,

Oleh karena itu dalam hal ini kita harus membuat / memasarkan produk kita yang bermutu, agar orang lain tidak akan berpaling ke penjual lain. Lebih baik harga terjangkau dan bermutu tinggi daripada harga murah tetapi tidak bermutu.










BAB III
P E N U T U P

3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan Tujuh Materi yaitu : Memahami Organisasi, Inisiatif dan Inovasi, Komunikasi Yang Efektif dan Efisien, Hubungan Antar Pribadi, Pengembangan Tim dan Kerja Tim, Pemecahan Masalah, juga Layanan Pelanggan dan Hubungan Pelanggan maka penulis mendapat kesimpulan sebagai berikut :
1.      Memahami Organisasi, betapa pentingnya untuk kita memahami dan mengerti akan organisasi karena organisasi adalah sebuah keluarga yang harus saling bekerja sama agar dapat mencapai tujuan yang klimaks.

2.      Inisiatif dan Inovasi, untuk mewujudkan sesuatu hal kita harus mempunyai inisiatif yang tergerak dalam pribadi kita agar itu dapat menjadi prinsip kita yang paling utama menuju kedepan.

3.      Komunikasi Yang Efektif dan Efisien, mengetahui cara berkomunikasi adalah hal yang penting bagi kita untuk dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang ada disekitar kita. Karena cara berkomunikasi merupakan alat penghubung kita untuk dapat saling berhubungan dengan orang lain.

4.      Hubungan Antar Pribadi, betapa pentingnya kita untuk mengenal orang lain dan bergaul dengan mereka. Karena orang yang berhasil yaitu pertama berkompetensi dengan bidangnya dan kedua hubungan antar pribadi. Mengerti akan sikap orang lain.

5.      Pengembangan Tim dan Kerja Tim, dalam organisasi kita diperhadapkan dengan serekan tim. Tujuannya adalah agar kita dapat bekerja sama dan bersama-sama menuju kedepan untuk mewujudkan tujuan dan sasaran organisasi.

6.      Pemecahan Masalah, kita sebagai manusia telah diajarkan jangan pernah menyerah pada masalah karena masalah bisa membuat kita frustasi dan tidak semangat menjalani hari-hari ini. Untuk mengatasi sebuah masalah kita harus mengikuti langkah – langkah yang telah diajarkan diatas agar dapat lebih mudah dan gampang menyelesaikan suatu masalah.

7.      Layanan Pelanggan dan Hubungan Pelanggan, dalam memuaskan pelanggan tentunya kita harus membuat barang kita berkualitas dan dapat dipercaya oleh pelanggan. Mutu adalah hal yang paling utama dalam bisnis.

3.2 Saran
Dalam pembelajaran Quality Management System ini sebaiknya lebih ditingkatkan lagi karena bertujuan untuk membentuk karakter dan mental mahasiswa agar lebih matang dan siap terjun kedalam dunia kerja dan dimasyarakat. Begitu banyak godaan dan tantang yang dihadapi oleh mahasiswa di zaman yang modern ini, maka perlu pembelajaran yang lebih serius untuk dapat mengenal karakter pribadi dan sikap mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar